Didampingi Pra DPD PPI Jambi, Pelaut Ini Dapatkan Hak Pesangon Setelah di PHK

Jakarta, PPI News – ADVOKASI KASUS ===> Pra DPD PPI Jambi membantu anggota PPI dalam penyelesaian perselisihan pemutusan hubungan kerja yang dialami oleh salah satu anggota PPI NTT yang bekerja di kapal milik PT. SMK.


Awalnya, DPP PPI mendapat aduan dari IP (Inisial) melalui telepon bahwa dirinya ‘dipaksa’ oleh perusahaan untuk menandatangani surat pernyataan mengenai pemakaian BBM kapal yang dinilai oleh IP tidak sesuai dengan fakta di lapangan setiap harinya.

Oleh karena itu, IP kemudian menolak untuk menandatangani konsep surat yang dianggap dapat memberatkan crew dan dirinya tersebut, karena akan berimbas terhadap pemotongan upah atau hangusnya bonus tambahan. 


Namun langkah penolakan yang ditempuh oleh IP, membuat perusahaan ‘gerah’ dan kemudian memberhentikan IP dari pekerjaannya yang menjabat sebagai Kepala Kamar Mesin (KKM) dan hanya akan memberikan biaya pemulangan saja. 


Berdasarkan aduan dari IP, DPP PPI kemudian menghubungi koordinator pembentukan DPD PPI Jambi, Evran Ade karena menurut informasi dari IP dirinya berada di Jambi.


Hasil komunikasi, IP kemudian didampingi oleh Capt. Monang dan Bas Sartibi mendatangi agen dan membantu penuntutan hak pesangon IP. 


“Alhamdullillah baru pulang dalam pengawalan kasus pemberhentian secara sepihak, pesangon IP bisa dikeluarkan dan tiket pemulangan. Semoga doa dari rekan senior dan yunior dan tuo tengganai DPD PPI Jambi dan PPJ segera bisa cepat berdiri agar dapat membantu pelaut-pelaut di Jambi yang mengalami masalah. Amiin,” ujar Capt. Monang dikutip dari grup WA Persaudaran Pelaut Jambi, Selasa (03/03/20).


Terhadap pendampingan dari simpatisan dan anggota PPI di Jambi mengenai penyelesaian (terpenuhinya hak pesangon dan tiket pemulangan terhadap IP), DPP PPI memberikan apresiasi terhadap pelaut di Jambi yang kompak dan bahu membahu membantu satu sama lain anggota PPI yang mengalami masalah di Jambi. 


“Saya mewakili DPP PPI berikan apresiasi kepada simpatisan dan anggota PPI di Jambi yang telah membantu penyelesaian kasus PHK Sdr. IP. Kedepan semoga PPI segera bisa dibentuk di Jambi guna menaungi hak dan kepentingan pelaut di Jambi,” ungkap Ketua Adkumham PPI, Imam Syafi’i.


Saat ini, kata Imam, sudah lumayan banyak pelaut asal Jambi yang telah menjadi anggota resmi PPI. Kedepan diharapkan melalui ditunjuknya Sdr. Evran Ade sebagai koordinator pembentukan PPI cabang Jambi, PPI dapat terbentuk di Provinsi Jambi. 


“Saat ini di Jambi, PPI masih Pra (wacana) pembentukan Dewan Pimpinan Daerah PPI Prov. Jambi (Pra DPD PPI Jambi. Moga-moga saja kedepan dapat secara resmi terbentuk dan didapatkan pengurus-pengurus dari basic pelaut di Jambi yang militan, agar terbentuknya PPI Jambi dapat membawa angin segar bagi pelaut di Jambi dan dapat memperjuangkan ketenagakerjaan pelaut di Jambi pada khususnya dan pada umumnya secara nasional bersama DPP PPI,” pungkas Imam.


Admin PPI News