Bagi yang Gagal Paham Definisi Pelaut

Jakarta, PPI News – Kebebasan berserikat adalah hak mendasar yang dimiliki oleh Pekerja/Buruh untuk membentuk, mendirikan serikat pekerja serta menjalankan tugas dan fungsi serikat pekerja. Begitu juga dengan para pengusaha mempunyai hak untuk mendirikan serikat/organisasi bagi para pengusaha.

Bicara dalam konteks sektor usaha atau pekerjaan tertentu, pekerjaan di kapal (laut) merupakan salah satu dari beberapa definisi Pekerja/Buruh pada sektor usaha atau pekerjaan tertentu (Penjelasan Pasal 77 Ayat 3 UU No. 13/2003 tentang Ketenagakerjaan).

PELAUT, PEKERJA/BURUH ATAU BUKAN ?

Pertanyaan tersebut masih kerap terlihat di sosial media facebook di grup-grup pelaut baik dalam postingan maupun dalam kolom-kolom komentar.

PENGERTIAN “PEKERJA/BURUH, AWAK KAPAL, NAKHODA, ANAK BUAH KAPAL, DAN PELAUT” BERDASARKAN PERATURAN PERUNDANG-UNDANGAN NASIONAL YANG BERLAKU:

  • Bahwa Pekerja/Buruh adalah setiap orang yang bekerja dengan menerima upah atau imbalan dalam bentuk lain (Pasal 1 Ayat 3 UU No. 13/2003 tentang Ketenagakerjaan).
  • Bahwa Awak Kapal adalah orang yang bekerja atau dipekerjakan di atas kapal oleh pemilik atau operator kapal untuk melakukan tugas di atas kapal sesuai dengan jabatannya yang tercantum dalam buku sijil (Pasal 1 Ayat 40 UU No. 17/2008 tentang Pelayaran).
  • Bahwa Nakhoda adalah salah seorang dari Awak Kapal yang menjadi pemimpin tertinggi di kapal dan mempunyai wewenang dan tanggung jawab tertentu sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan (Pasal 1 Ayat 41 UU No. 17/2008 tentang Pelayaran).
  • Bahwa Anak Buah Kapal adalah Awak Kapal selain Nakhoda (Pasal 1 Ayat 42 UU No. 17/2008 tentang Pelayaran).
  • Bahwa Pelaut adalah setiap orang yang mempunyai kualifikasi keahlian atau keterampilan sebagai awak kapal (Pasal 1 Ayat 3 PP No. 7/2000 tentang Kepelautan).

Jadi, masihkah Anda “Pelaut” masih bingung sehingga selalu bertanya dan berpolemik tentang definisi pelaut ?

 

Penulis,

Imam Syafi’i

Ketua Advokasi, Hukum dan Hak Asasi Manusia

Dewan Pimpinan Pusat Serikat Pekerja Pergerakan Pelaut Indonesia