PHK Sebelum Kontrak Berakhir, PPI Gugat Pengusaha Pelayaran di PN Jakpus

Jakarta, PPI News – Dewan Pimpinan Pusat Serikat Pekerja Pergerakan Pelaut Indonesia (DPP SP. PPI) menggugat PT. Budi Mulia Bahtera Sentosa (BMBS) di Pengadilan Hubungan Industrial pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat terkait perselisihan pemutusan hubungan kerja terhadap Pelaut Anggota PPI.


Dalam perkara yang diregister oleh kepaniteraan No. 361/Pdt.Sus-PHI/2019/PN Jkt.Pst tanggal 12 November 2019, PT. BMBS selaku pihak Tergugat digugat agar membayar ganti rugi sisa kontrak sebagaimana ketentuan Pasal 62 Undang-Undang No. 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan.


Berbekal Surat Anjuran dari Mediator Hubungan Industrial pada Kantor Suku Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Administrasi Jakarta Utara, PPI selaku kuasa dari pelaut (pekerja/buruh) menuntut PT. BMBS untuk membayar ganti rugi sisa kontrak sebesar Rp. 50.166.500,- (Lima Puluh Juta Seratus Enam Puluh Enam Lima Ratus Rupiah).


Nominal tuntutan tersebut didasarkan pada upah bulanan pekerja sebesar Rp. 5.000.000,- x 10 bulan 1 hari.


“Anggota kami sudah bekerja selama 1 bulan 29 hari dengan sistem kerja kontrak dengan jangka waktu selama 12 bulan. Lalu dengan alasan perusahaan bahwa sudah ada pengganti (crew lama yang telah menyelesaikan diklatnya), anggota kami lalu diturunkan (di PHK). Jadi, kami (PPI) tuntut sisa kontraknya sesuai Pasal 62 UUK,” ujar Ketua Pelaut Dalam Negeri PPI, Nur Rohman.


Menurut Rohman, persidangan sudah berlangsung sebanyak delapan kali. Dalam persidangan, hanya sekali pihak perusahaan hadir memenuhi panggilan, itupun tidak membawa surat kuasa dari pimpinan perusahaan sehingga Ketua Majelis Hakim menolak perwakilan perusahaan untuk mengikuti persidangan.


“Berdasarkan keputusan Majelis Hakim, sidang terakhir akan digelar pada hari Senin, 17 Februari 2020 dengan agenda sidang Pembacaan Putusan. Apapun putusannya nanti kami (PPI) akan hormati dan mengimbau pihak perusahaan untuk kooperatif dan patuh terhadap proses hukum,” pungkas Rohman.


Admin PPI News